Jumat, 27 April 2012

sebagian teknik/cara mempersiapkan ayam menjelang masuk arena


persiapan ayam aduan mau tarung
PERSIAPAN AIR AYAM MAU ADU

Ronde 1 ada moment penting bagi Ayam aduan untuk menentukan kemenangan.Pada saat stamina Ayam tsb masih good form,maka Ayam dpt memukul sekuat tenaga dan akurat.Maka dlm membasahi sebelum ronde 1,harus dilakukan dgn Becik/baik.Ayam jangan terlalu basah,dan peresapan air harus pada bagian tubuh tertentu serta pengompresan yg continue.

Harusdiingatjuga,Ayamberjalu danpolosberbedaprinsipbasahinnya. Tidakbisadisamakan. Ayam jalu butuh kecepatan pukul, maka jangant erlalu basah biarkaki/jalucepatnaik. Kalau terlalubasah, terlambat 'bukaurat', bisakecolonganjaluduluan... Ayam polos butuh stamina utk pertarungan yg lebih lama. Maka mandiin agak lebih basah. Kalau kurang basah, meskipun kaki langsung 'naik', stamina/napas cepat habis. Bisa kedodoran di ronde berikutnya.kalo Ayam jalu karena diperlukan kelincahan dan kecepatan penyelesaian, maka pembasahan di leher dan bawah syap jgn terlalu banyak, sebaiknya lebih ke daerah bawah badan. kalo Ayam lepek agak lebih basah di leher, tapi jgn terlalu basah karena akan pengaruh ke solah Ayam (bisa solah bawah kalo basah sekali), utamakan pembasahan di daerah belakang/pangkal ekor atas dan bawah) karena Ayam lepek akan bertarung lebih lama, jadi harus pandai jgn sampe Ayam kobong/kehabisan napas Di antara binatang lain, Ayam memiliki keunikan dalam pertarungan. Dua ekor Ayam yang berhadapan, tidak serta merta berkelahi begitu saja. Ada tiga tahap dalam pertarungan Ayam, yaitu: tahap penjajagan (abar), tahap pertarungan, dan tahap penyiapan

satu hari seblom di adu

Ayam yang akan bertarung esok hari, biasanya selepas magrib di beri Kuning telur di campur madu satu sendok teh dan Tonikum bayer satu sendok teh lalu di lepas selama 15 menit di dalam rumah setelah itu di beri tiga teguk air minum kemudian Ayam di kembalikan kekandang khusus yang bebas nyamuk untuk istirahat.secara normal Proses penyerapan makanan dan vitamin pada Ayam berlangsung setelah 12 jam berada di tubuh Ayam bahkan lebih, jika kita memberikannya di pagi hari maka reaksinya baru terasa di malam hari. Sementara waktu tarung yang ideal antra jam 7.00-11.00 pagi dan 2.30-4.30 sore. Jadi tidak mungkin membuat Ayam melek itu hanya hipotesa saja. Pemberian jamu/ puding di hari yang sama akan memberi efek pada saluran pernapasan. Jika ingin memberikan sesuatu pada Ayam menjelang tarung di hari yang sama cukup gula merah karena akan meredam suhu tubuh tidak terlalu tinggi dan membantu suplay oksigen pada sel darah merah karena gula merah banyak mengandung vitamin B.

MENGUATKAN PUKULAN AYAM

Ayam saya ini jenis lepek(jalunya hanya sebesar biji jagung) dan bobot pukulannya tidak begitu keras, namun Ayam saya ini cukup rajin, yg ingin saya tanyakan gimana ya mas yayan supaya bobot pukulan Ayam saya dapat ditingkatkan?Latihan renang dan pada kedua kakinya di beri pemberat masing-masing 1,5 ons.Sebelum berenang Ayam di beri gula merah sebesar satu ruas ibru jari sebanyak tiga potong agar Ayam tidak terlalu dingin. Pada saat berenang ayam jangan di lepas tetapi ekornya tetap di pegang. lakukan selama 20 menit setiap 3 minggu sekali. Tetap di beri telur minimal 2 hari sekali KALAU AKU PAKAI TREADMILL UNTUK MELATIH STAMINA AYAM.ITU SUDAH TERBUKTI,AYAM2KU TOP FORM TERUS DENGAN ASUPAN GIZI DAN JAMU YG CUKUP
perawatan pasca stelah bertarung
Ayam akan mengalami kelelahan luar biasa setelah bertarung dlm waktu yg cukup lama,atau bertarung dgn musuh yg sama kuat.Bila perawatan pasca tarung diabaikan,bisa berakibat buruk thd Ayam tsb.Umumnya kelumpuhan dan badan menjadi kurus kering,hingga ada istilah AYAM SOAK,akibatnya mental Ayam bisa rusak. Maka ada beberapa tahap dlm menangani Ayam setelah bertarung:

1.PERAWATAN LANGSUNG SETELAH TARUNG

teteskan langsung cairan antibiotik pada luka,pemberian obat luka seperti larutan Iodium yg membakar kulit akan meninggalkan bekas keropeng,yg membutuhkan lama untuk mengelupas.Suntik juga Ayam. Hentikan semua pendarahan,biasa dipakai bubuk kopi.Usahakan dijahit jika ada pembuluh darah yg bocor atau putus.Teteskan cairan antibiotik yg tidak mengandung iodium,agar tidak meninggalkan bekas keropeng. Bila paruh terlepas,usahakan pasang kembali dgn cara mengikat paruh dgn benang ke jengger.Bila paruh tdk dipasang kembali,akan mengakibatkan cacat setelah sembuh,Ayam akan kesulitan mematuk. Berikan gula merah untuk digunakan sebagai sumber karbohidrat yg mudah diserap Ayam.Setelah dibawa pulang,sebaiknya Ayam ditempatkan agak menyendiri.Jangan terlalu dekat dgn jago lain.Setelah mau makan anda bisa mengumpulkan dgn Ayam betina untuk membangkitkan semangat/naluri kejagoannya.

2.SEHARI SETELAH TARUNG DAN BERIKUTNYA

Umumnya Ayam tdk mau mkn setelah mengalami kelelahan yg amat sangat,berikan susu cair dgn cara pemberian langsung ke dalam tembolok dgn menggunakan suntikan ukuran besar yg ujung dikasih selang.Bila Ayam tdk mau makan,jgn terlalu memaksa dgn cara meloloh pada hari pertama hingga hari ketiga.Pada tahap ini usahakan pemberian karbohidrat dan protein yg mudah dicerna,karena pencernaan Ayam masih blm optimal. Hari keempat boleh berikan sedikit pakan Ayam pabrik dicampur susu cair.Jika terlanjur dikasih makanan yg keras hingga tembolok tdk turun/pengerasan tembolok,makan dpt diberikan obat pembantu pencernaan yg banyak dijual bebas di apotik.Jangan memberikan makanan yg keras,berikan lagi gula merah dan susu serta vitamin mineral.Jangan lupa air minum harus tersedia setiap saat.

3.LATIHAN SETELAH SEMBUH

Minimal 2 minggu setelah bertarung anda boleh melatih lagi Ayam anda jika menang dlm waktu singkat.Lakukan latihan sparring kurang
10 menit.Usahakan Ayam mendapat istirahat cukup dan asupan gizi yg cukup.Jgn terburu nafsu menarungkan kembali Ayam anda.Bila kondisi Ayam blm TOP FORM,akan mempengaruhi mental si Ayam sehingga bisa lari sendiri pada saat bertarung atau teknik tarung yg berubah.
CARA MENYIAPKAN AYAM ADUAN
Kawan2,kayaknya di forum ini mulai sepi,kita ganti topik yg adu argumentasi itu ya?Kawan2,tentu punya cara/trik masing2 dalam melatih Ayam aduan,nah tolong dibagi ilmunya ya! Kalau saya melatih Ayam aduan,dgn rutinitas al:
1.Pagi dimandikan dan dijemur,jam 8 hrs di kandang umbaran,sore di kroncang/diputer dgn babon. 2.Lulur(otot kambing digantung) utk melatih leher Ayam,setelah 2 jam ditelankan.Seminggu 1X. 3.Melatih/ngabar;1/2 air istirahat 1 minggu,1 air istirahat 2 minggu,2 air istirahat 3 minggu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar